13 Manfaat Dari Beras Hitam Dan Tips Memasaknya Dengan Benar

  https://www.smaspeman99.com/2022/01/13-manfaat-dari-beras-hitam-dan-tips.html

Membahas manfaat dari beras hitam atau seringkali orang bilang beras terlarang

Mengapa beras hitam dinamakan beras terlarang atau Forbidden rice. Dahulu beras hitam bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat hanya bagi kalangan bangsawan yang boleh mengonsumsi beras hitam ini. Masyarakat biasanya tidak boleh mengonsumsi beras istimewa ini. 

Juga beras hitam ini dikatakan sebagai beras terlarang, sebab dalam sejarah beras hitam diyakini dapat memperpanjang umur karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Beras hitam itu adalah kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza Sativa, termasuk beberapa diantaranya yakni beras ketan. 

Bulir hitamnya utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemulihan, berarti memiliki tekstur lengket dan rasa gurih seperti kacang. Sehingga cocok untuk diolah menjadi bubur makanan penutup dan kue beras hitam tradisional. Beras ini juga memiliki teksturnya lebih tahan dibandingkan dengan beras putih.

Jadi beras hitam manfaatnya apa?

1. Tinggi kandungan antioksidan
Antosianin menjadi senyawa yang paling dominan dalam beras hitam, bahkan kandungannya yang tertinggi diantara jenis beras lainnya. Juga adanya antosianin yakni senyawa yang bisa mencegah penyakit jantung serta menangkal dari segala macam peradangan yang menjadi sumber dari banyak penyakit, biasanya seperti asma, arthritis hingga kanker. Sesendok makan nasi hitam memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi dari buah blueberry dengan jumlah yang sama. 

2. Proteinnya tinggi
Sepiring nasi hitam terdapat karbohidrat yang lebih rendah jika dibanding dengan beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat juga kandungan proteinnya. Dalam seporsi beras hitam yaitu 100 gr terdapat 17% dari kebutuhan protein harian kita. 

Protein yang bisa anda di jumpai pada hampir semua tubuh diantaranya pada tulang, otot, kulit dan rambut manusia. Kandungan protein bisa menghasilkan enzim yang dapat mendorong pada proses penyebaran oksigen ke semua tubuh dan oksigen sendiri sangat dibutuhkan agar tubuh selalu bisa menjalankan fungsi dengan baik.

3. Kaya vitamin dan mineral
Rahasia kandungan dengan segudang vitamin dan mineral penting, seperti vitamin E, B1, B2, B3 dan B6 serta mineral, zinc, magnesium dan fosfor. Vitamin B-kompleks akan membantu tubuh mengeluarkan energi dan mengolahnya secara efektif saat berkegiatan dalam seharian. Sementara kandungan magnesium dan zat besi membantu tangani letih, lelah dan lesu. 

Komposisi pada nasi hitam memenuhi 8% dari kebutuhan harian setara 6% untuk zat besi dan 20% untuk fosfor yang merupakan mineral dalam mendukung kinerja sistem imun tubuh. Disamping itu fosfor di perlukan dalam pembentukan gigi serta tulang.

4. Mendetoks tubuh secara alami
Menurut penelitian beras hitam memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan hati terutama dalam mencegah penimbunan lemak di hati. Termasuk perlemakan hati karena alkohol. 

Kaya akan vitamin bisa meningkatkan dan membantu hati mengeluarkan racun sampai terhindar dari pengendapan racun yang umum menyebabkan penyakit. Juga pada fitonutrien pada beras hitam mampu mengeluarkan zat berbahaya dari  dalam tubuh. Juga hati mengatur hormon dan memainkan peran penting dalam ditoksifikasi tubuh kita sendiri.

5. Melancarkan pencernaan
Beras hitam tinggi akan kandungan serat yang menambahkan masa ke dalam feses kita. Serat akan berguna menghancurkan dan mencegah serta menyembuhkan masalah pada pencernaan lainnya. Senyawa pada serat berguna meningkatkan aktivitas gerak usus juga membantu memperingan sembelit.

Dalam dosis yang tinggi, serat bisa membantu melindungi penyerapan zat beracun dan membersihkan keluar dari dalam tubuh. Beberapa penelitian sudah menemukan jika diet tinggi makanan berserat dengan varietas padi serta gandum telah terbukti menangkal dari resiko penyebab gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome.

6. Mencegah diabetes
Jelas beras hitam dapat mengurangi gula darah pada penderita hipertensi glikemia. Beras ini juga bisa mendorong glukosa masuk ke dalam sel dan otot dari pada ke dalam darah. Beras hitam juga mampu menambah sensitifitas insulin juga mengontrol kadar gula darah secara baik. 

Sehingga terhindar dari diabetes, nasi hitam membantu dalam mencegah resiko diabetes tipe 2 dan mengelola pra diabetes karena kandungan gulanya yang juga rendah. Dalam beras hitam juga terkandung indeks glikemik yang rendah yakni 42,3 jika dibanding pada nasi putih yang mempunyai glikemik hingga 89.

7. Bebas gluten
Yaitu sejenis protein yang ditemukan pada semua produk yang mengandung gandum serta barli. Kebanyakan para penderita alergi terhadap gluten maupun seseorang dengan penyakit seliak, mungkin bisa menggunakan beras ini untuk membantu mencegah masalah pencernaan yang terkait pada sensitifitas gluten. Perlu di ketahui jika lutein dapat menyebabkan efek samping seperti kembung, nyeri perut pada orang-orang yang sensitif dengan gluten sendiri. 

8. Mengontrol berat tubuh
Hal ini berkat tekstur yang lebih padat dan kaya serat. Jadi fungsi lain pada beras yang satu ini membantu untuk mengontrol kecukupan kalori ketika diet serta menghindari dari penyakit obesitas untuk jangka panjang. 

10. Mengendalikan kolesterol
Beras tersebut dipercaya mampu menurunkan kolesterol tinggi serta kadar trigliserida pada darah. Senyawa antioksidan yang terdapat pada beras hitam bisa menekan kegiatan enzim yang terlibat pada pembentukan kolesterol sendiri.

11. Beras hitam bisa menjaga kesehatan jantung
Memakan beras hitam dengan teratur akan bisa menjaga arteri tetap bersih, menjadikan aliran pada darah lancar supaya terhindar dari serangan jantung serta stroke. Zat antosianin serta senyawa bergizi lainnya yang terdapat pada beras hitam diyakini bisa mengontrol kadar gula, kolesterol dan trigliserida darah yang sehat, sehingga mengurangi resiko penyakit serangan jantung. 

12. Meningkatkan fungsi otak
Mengkonsumsi beras ini dapat menambah antioksidan dalam tubuh, sehingga menjaga sel-sel otak dari kerusakan. Selain itu bisa menjaga kinerja kognitif otak juga membatasi efek buruk pada penuaan otak. Zat antosianin pada beras dapat menambah daya ingat. 

13. Mencegah kanker
Zat antosianin pada beras hitam mampu menghalangi perkembangan sel kanker hingga mencegah perluasan sel kanker pada seluruh organ tubuh. Fungsi lainnya dari antosianin juga bisa menghambat perkembangan tumor dengan menghalangi suplai darah ke tumor.  

Berikut tips cara memasak beras hitam dengan benar:

1. Langkah-langkan untuk memasak beras hitam agak berbeda dari beras putih, lakukan proses merendam beras sebelum dimasak. Dengan menambahkan air lebih banyak untuk memasak nasi, jika memakai alat masak instan seperti rice cooker, takaran air lebih banyak dari beras pada umumnya. 

Beras hitam memerlukan takaran air dua kali dari pada ketika memasak beras putih. Untuk segelas beras hitam ini memerlukan air hingga 3-4 gelas, pad proses memasakannya sampain memperoleh nasi yang lembut.

2. Kemudian tambah dengan sedikit beras putih bagi anda yang masih kurang terbiasa dengan rasa. Beras hitam bisa di siasati dengan menambahkan sedikit beras putih dicampur misalnya 300 gr beras hitam ditambahkan dengan 100 gr beras putih. 

3. Proses memasak gunak menghasilkan tekstur serta rasa yang hampir sama dengan nasi putih. Merendamnya sebelum dimasak sekitar 30-60 menit, guna membantu beras agar lebih cepat lunak serta matang.

4. Memasaknya melalui cara menanak, maka nasi yang diperoleh akan terasa lebih pulen dan wangi ketimbang memakai rice cooker atau bila anda memakai rice cooker agar menambahkan waktu memasaknya sebab beras ini akan lebih lama matang dibandingkan beras pada umumnya.

Jadi sekarang sebagai sumber yang sudah dibahas, bahwa begitu bagusnya beras hitam untuk kesehatan. Beras hitam memang langka di pasaran dan mahal, cuman khasiatnya luar biasa yang bisa memperbaiki segala macam penyakit. Makanya kalau bisa, ada kesempatan dapat menikmati beras hitam di sehari-hari makanan kita. Bisa makan yang enak juga bisa sembuhkan tubuh sendiri dan sistem imun kita.