9 Buah Terbaik Untuk Mengatasi Asam Urat Secara Rutin

 https://www.smaspeman99.com/2022/08/9-buah-terbaik-untuk-mengatasi-asam.html

Mengatur makan begitu dianjurkan untuk para pengidap asam urat, agar jaringan sendi tetap berfungsi optimal hingga tua nanti. Bukan hanya itu, penyesuaian makanan untuk penderita asam urat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan nyeri asam urat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara yang terbaik untuk dilakukan adalah memilih buah guna mengobati asam urat.

Berikut berbagai jenis buah yang baik di makan bagi penderita asam urat seperti:

1. Buah semangka 

https://www.smaspeman99.com/2022/08/9-buah-terbaik-untuk-mengatasi-asam.html 

Air yang banyak dikandung semangka bisa berfungsi meluruhkan asam urat berlebih di dalam tubuh. Semangka yang mempunyai sifat diuretik alami atau meningkatkan aliran urin tanpa membuat ginjal bekerja keras, akan merontokkan asam urat tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Untuk mengobati asam urat, buah semangka dapat dimakan dengan cara dibuat jus lalu diminum secara teratur dua kali sehari. Sebagai tips untuk anda akan lebih baik mengonsumsi semangka yang daging buahnya berwarna merah dari pada yang kuning sebab mengandung likopen lebih tinggi, likopen termasuk sebagai antioksidan buah.

2. Buah Sirsak
Kandungan vitamin C dalam buah sirsak bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menghambat produksi enzim xantin. Oksidase yang dapat menghambat pembentukan asam urat sehingga bisa menurunkan kadar asam urat. Bukan hanya itu saja, sirsak di katakan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batu empedu, anti sembelit serta meningkatkan nafsu makan.

3. Buah strawberry
Seperti halnya dengan buah sirsak, strawberry juga kaya akan vitamin C,  satu cangkir potongan stroberi atau 152 gr bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda sebanyak 99%. Selain itu strawberry juga mengandung asam pantotenat atau vitamin B5 yang bisa membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya melalui urin.

4. Buah jeruk
Buah jeruk juga terkenal mengandung vitamin C dan vitamin B5 yang berfungsi untuk melawan penyakit asam urat. Kandungan vitamin C didalam buah jeruk bahkan tergolong tinggi. Pada satu buah jeruk berukuran sedang dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda mencapai 78%.

5. Buah kiwi


https://www.smaspeman99.com/2022/08/9-buah-terbaik-untuk-mengatasi-asam.html 

Kiwi termasuk buah yang juga mengandung vitamin C tinggi seperti diketahui kandungan vitamin C pada kiwi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Sementara 100 gr buah kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian sampai 10%.

Manfaat vitamin E dilaporkan dapat menjaga agar kadar asam urat di dalam tubuh tetap berada pada tingkat normal. Selain itu bersama vitamin C, vitamin E bisa memproteksi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit asam urat.

6. Buah jambu biji 


https://www.smaspeman99.com/2022/08/9-buah-terbaik-untuk-mengatasi-asam.html 

Dalam satu buah jambu biji dapat mengandung 140% kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C ini menurut penelitian bisa berefek meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Selain itu vitamin C merupakan sumber antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

7. Buah lemon
Satu buah lemon mentah termasuk kulitnya bisa menyediakan 83mg vitamin C atau bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda sebanyak 92%. Vitamin C dalam jus lemon bisa bertindak sebagai antioksidan yang berguna untuk membentengi tubuh dari serangan penyakit asam urat atau menghambat pembentukan asam urat.

8. Buah leci
Buah leci juga termasuk buah sumber vitamin C, satu buah leci bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 7,5%. Kandungan vitamin C pada Leci juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

9. Buah mangga 


https://www.smaspeman99.com/2022/08/9-buah-terbaik-untuk-mengatasi-asam.html 

Buah mangga ini termasuk buah yang sangat tinggi akan kandungan vitamin C juga vitamin E. Kandungan vitamin E pada 100 gr buah mangga ternyata mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 6%. Bukan hanya baik untuk kulit, vitamin E juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga agar kadar asam urat tetap berada pada tingkat yang normal.

Inilah bebera buah yang bagus untuk anda konsumsi untuk mengatasi asam urat, untuk penanganan lebih lanjut supaya berkonsultasi masalah asam urat anda dengan dokter di bidangnya.